Oleh: atmtukang | April 8, 2009

Menjadi Orang Tua Yang Smart

Serasa waktu berjalan cepat…………
Anak-anak kita sudah semakin besar dengan berbagai ragam keunikan.
perkembangan dan karakteristik perilakunya,yang kadang membikin kita bangga,senang,namun tak jarang membikin kita jengkel,bahkan sering kita dibuatnya marah.
Mana yang lebih dominan????

Instrospeksikanlah !!!

Kenapa anak kita sering menentang kita?
Kenapa anak kita sulit dikendalikan?
karena kita kurang mendengarkan perasaan anak,yang ada hanya instruksi dan instruksi
Bagaimana agar kita bisa menjadi orang tua smart?
Intinya terletak pada KOMUNIKASI
Beberapa jenis Komunikasi dengan anak…..
*Jadilah pendengar yang aktif (refleksi,perhatian,mendengar perasaan)
*Gunakan intonasi kalimat secara menyenangkan
*Mulailah dengan kalimat terbuka (apa,kenapa,bagaimana)
*Perhatikan bahasa non Verbal
*Berilah penghargaan.
*Gunakan kata ajakan untuk ganti kata larangan
*Hindari gaya popular seperti : memerintah,melabel,membandingkan,menasehati,dll.
*Terimalah anak apa adanya.
*Tentunkan Masalah siapa?
Kalau itu masalah anak.Dan tidak perlu bantuan,doronglah untuk menyelesaikan sendiri masalahnya.kalau perlu bantuan dan membutuhkan kita maka selanjutnya……

Dengan kita merubah diri kita dalam menghadapi anak kita,maka anak kita akan berubah menghadapin kita….
Apabila kita memualai dengan menstimulasi anak dengan sepenuh hati,maka anak kita akan merespon yang sama.
Ketidakseimbangan hanyalah sebuah proses untuk menjadi lebih baik.Tetaplah dengan kondisi SMART yang akan melahirkan Hubungan yang lebih SMART.
Tidak ada teori yang mendasar tanpa ada usaha yang lebih mendasar.
Mulailah dari hal yang kecil yang bisa kita ubah.
Insya Allah akan melahirkan perubahan Besar.

Iklan

Responses

  1. sebelum baca, mo komen dulu..
    aku yakin akang ortu yang baik .. 🙂

    terima kasih,semoga kita kelak menjadi orang tua yang baik buat anak-anak kita 🙂

  2. hemm.. bijak banget..
    tetapi jangan lupa kang, saat anak remaja, lingkungan adalah hal yang paling mendominasi buat si anak..

    terkadang kita harus akui, bahwa kenakalan remaja itu akibat ikut2an. ortu saja ga cukup mengawasi, tapi butuh juga pengawasan dari teman dan lingkungan..

    itu pengalaman pribadi saat kakakku nakalnya setengah mati.. padahal yang dilakukan ortuku sudah seperti yang akang tulis.

    and endingnya. ya kakakku insaf dengan sendirinya 😀 alhamdulillah…

  3. biasalah anak2 mengikuti dunianya sendiri tetapi sbg orang tua kita tetep hrs menjaga mereka agar dijalan yg bener

  4. Nice Tips bro…

  5. nggak gampang memang jadi orang tua…

    oiya, selamat menyontreng! 🙂

  6. Nice posting,
    salam kenal

  7. tapi semakin anak anak dewasa
    mereka lbh banyak beraktivitas di luar rumah
    dan pada saat itu pengaruh lingkungan lbh besar
    dan bisa membentuk pribadi mereka sendiri

    yg masih mendengar nasihat ortu
    mungkin pengaruh tersebut masih bisa dikendalikan
    tapi kalau yg semaunya
    ortu juga ga dianggap, bisa berantakan…..

  8. banyak hal yang saling berpengaruh.. dan didikan seorang ibu yang paling berperan dalam membentuk sang anak.. yeah, sulit memang.. secara sorga di bawah telapak kaki ibu itu kan bukannya tanpa sebab..

    setujuh mas arief ibu juga berperan sangat penting ke diri anak sendiri.

  9. KLARIFIKASI MONEY POLITIK PKS

  10. intinya mau belajar mengerti tentang orang lain, termasuk anak kita sendiri…hem..nice posting pak…
    salam kenyal balik ya….:-)

  11. Ternyata membesarkan seorang anak tidaklah semudah yang dibayangkan. Yaa..kesabaran, pengertian dan teladan yang baik.

  12. saya merasa terpentung 🙂
    soalnya masih perlu banyak belajar dalam menghadapi anak ..
    salut buat kaw, bro !

  13. Postingan yang syarat makna untuk orangtua 🙂

  14. mungkin bisa menjadi pertimbangan saya kelak
    sekarang masih bujangan

  15. Absen dulu ach

  16. Wach ternyata Aden pernah nyampah disini ya?

    nyampah lagi ach……..

  17. saya jg pengen jadi anak yg pinter ah,,

  18. This blog very nice..
    keren banget deh, kembangkan terus dan salut buat Anda.
    Oh iyah di tempat saya ada daftar sponsor free hosting dan free domain silahkan di cek, khusus untuk Anda.

    Salam Sukses..!!

  19. ternyata dulu orangtuaku susah banget mengajariku
    tapi mereka sabar dalam mendidik aku..
    wkwkwk

  20. Emang ga ada sekolah buat jadi orang tua yang baik.
    Nice tips boss.
    Nanny 911 keren tuh buat dijadiin referensi 😉

  21. semoga orang2 tua itu bisa smart yaaaa 😛

  22. belum punya anak… belum tau siapa yang bakal jadi ibunya anak-anak kelak… :((

  23. pake smart kah?
    hehe…

    iya bos butuh kesabaran memang, dan itu sulit…

  24. Memang mendidik anak sangat berat..
    Jd tetep semangat untuk para orang tua…..

  25. Izn nyimak dula gan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: